Demo Sistem OSS

Launching Aplikasi Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik

MUARA TEWEH, 10 Desember 2018.

Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Barito Utara melaksanakan Launching Aplikasi Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik di lingkungan Kantor DPMPTSP Barito Utara pada Senin, 10 Desember 2018.

Kegiatan Launching ini bertujuan untuk menyebarluaskan penerapan Sistem Informasi dan Aplikasi terkait pelayanan perizinan berusaha khusunya di kawasan Barito Utara, dimana hal tersebut diatur dalam Perpres RI No. 91 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha dan PP. No. 24 Tahun 2018 tentang Pedomana Pelaksanaan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik.

Kegiatan Launching ini dihadiri langsung oleh Bupati Barito (Nadalsyah) Utara beserta Wakil (Sugianto Panala Putra) didampingi oleh Sekretaris Daerah (Zainal Abidin), unsur FKPD, Kepala Instansi Vertikal, Camat, Lurah, Pelaku Usaha, dan unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Barut Nadalsyah, mengatakan peran perizinan sangat penting untuk mewujudkan iklim usaha yang kondusif, karena perizinan bisa menjadi salah satu pemacu pembangunan daerah. Pelayanan satu pintu pada pemerintah pusat dan pemerintah daerah disempurnakan menjadi lebih efisien melayani dan modern.

Paling signifikan sebut Nadalsyah, adalah penyediaan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau OSS. Melalui OSS pelaku usaha dapat mendaftarkan, mengurus penerbitan izin usaha, penerbitan izin komersial, dan   operasional secara terintegrasi, sehingga pemerintah pusat dan pemerintah daerah menerbitkan perizinan berusaha yang diajukan oleh pelaku usaha.

DPMPTSP Barito Utara sendiri telah menerapkan beberapa aplikasi terkait perizinan berusaha, diantaranya ONLINE SINGLE SUBMISSION/OSS (http://www.oss.go.id/ ), SICANTIK CLOUD (http://sicantikui.layananui.go.id/ ), dan sistem integrasinya yang ditautkan dalam website resmi DPMPTSP BARITO UTARA (https://dpmptsp.baritoutarakab.go.id).

Penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan secara elektronik ini merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi (RB) yang dilakukan oleh Pemkab Barut, sehingga menyederhanakan proses pelayanan publik untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan publik yang transparan, efisien, dan tepat waktu.

Pelaksanaan penerapan pelayanan perizinan dan non perizinan secara elektronik ini juga diperkuat dengan Satuan Tugas Percepatan Berusaha melalui keputusan Bupati nomor 188.45/174/2018. Satgas ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengawalan atas pelaksanaan pelayanan perizinan, serta  memantau jalannya kegiatan berusaha yang dilaksanakan oleh pelaku usaha.